Beranda > Uncategorized > an experience: me and my voice

an experience: me and my voice

Berjumpa lagi dengan saya, si empunya blog ini.. sebelumnya makasih banget udah berkunjung..ūüėÄ

Masih di musim liburan semester, bingung mau nulis apa.. masa mau nge-post tugas lagi? Hahahaha.. ganti ahh.. sekarang lagi pengen ngomongin salah satu hobi saya (yang mungkin juga hobi ratusan juta orang didunia) yaitu MENYANYI..

Yak.. menyanyi adalah hobi saya.. pernah juga menjadi pekerjaan sampingan saya.. hehehehe.. berawal dari jaman SD.. saya sebagai satu-satunya murid yang beragama Kristen di SD Negeri Limpung 02, saya ditunjuk sebagai kandidat untuk menjadi delegasi SD saya dalam kejuaraan POPDA membaca puisi.. yak pemirsaaaa.. MEMBACA PUISI.. karena saya dianggap sering nyanyi di gereja pastinya punya suara keras dan lantang, cocok buat mbaca puisi.. padahal itu cuma persepsi mereka (guru-guru SD saya) saja.. hmmm.. hingga saya mengikuti lomba pertama saya di bidang ‚Äútarik suara‚ÄĚ, dan puji Tuhan membawa saya sebagai juara I Baca Puisi tingkat Kecamatan Limpung.. yaaakkk.. semuanya pasti diawali dengan hal-hal yang kecil dulu kan yaaakkk?? Heheheh *pembelaan.. namun sayangnya saya gagal di level kabupaten.. yaaaahhh gapapa laaah, namanya juga baru pertama kali ikut lomba.. itu kira2 terjadi pada awal tahun 2000¬† kayaknya.. terus ikut lomba semacam ‚Äúmembaca‚ÄĚ lagi.. yaitu membaca geguritan.. apa tuh geguritan???? Yaaa.. sama kaya puisi, tapi pake bahasa Jawa.. dan menang di level kecamatan lagi, tapi ya kembali gagal di level kabupaten‚Ķ hmmmmm‚Ķ

Hingga pada akhirnya saya masuk jenjang SMP.. naaahhhh dimulailah karir bernyanyi saya.. inget banget pada waktu itu ada audisi paduan suara SMP negeri 1 Limpung.. udah pake seragam OSIS bagus bagus, rapi, wangi dari rumah.. ehhhh pas waktu mau turun dari bus tiba2 jatuh tersungkur di jalan pas mau turun‚Ķ haduuuhhhh malunya minta ampuuunnn.. mana kancingnya ilang satu.. OMG.. tapi tetep lanjut ikutan audisi.. audisinya nyanyi lagunya Peterpan yang lagunya gini nih‚Ķ ‚Äú Lihat ke langit luas, dan semua musim terus berganti, tetap bermain awan merangkai mimpi dengan blablablaaaa‚ÄĚ apa tuh gatau lupa judulnya.. nyanyinya asal keras aja.. hahahahaha.. tiba2 ga nyangka dapet applause sama dewan juri, yang salah satunya guru seni musik saya.. hahahaha.. dan finally.. LOLOS! Hehehehe‚Ķ

SMP adalah tempat dimana kemampuan bernyanyi saya dipertaruhkan (?) dan sekaligus diasah.. hehehe.. disini saya bertemu dengan band pertama saya.. namanya SCOCA.. terdiri dari saya dan Pita sebagai vokalis, venda di bass, aji di guitar, rico di drum, dan adit di melody.. ga main-main lhooo band Scoca pernah main di Pentas Seni Pelajar TELKOMS*L level karesidenan pekalongan.. langsung dapet juara lagi.. walopun Cuma juara favorit.. hehehehe…

pas masa SMP juga sempet di-les in vokal.. ketemu temen2 di Bali Musik, sanggar Rantansari, dll.. yaaaa nambah temen laaahh, sambil diajarin teknik bernyanyi yang baik dan benar, baca notasi juga.. berkat les ini saya juga pernah dapet juara II lomba menyanyi tunggal putra POPDA se kabupaten Batang.. kalo ga salah tahun 2004 J seneng banget deh.. dapet juara, dapet piala pertama di level kabupaten, sendirian (solo vokal) maksudnya.. hehehehe.. waktu itu nyanyinya lagu ini nihhh:

Pantang Mundur (Titiek Puspa)

Kulepas dikau pahlawan
Kurelakan dikau berjuang
Demi keagungan negara
Kanda pergi ke medan jaya

Bila kanda teringat
Ingatlah adik seoarang
Jadikan daku semangat
Terus maju pantang mundur

Air mataku berlinang
Karena bahagia
Putra pertama lahir sudah
Kupintakan nama padamu pahlawan

Sembah sujud ananda
Dirgahayulah kakanda
Jayalah dikau pahlawan
Terus maju pantang mundur

Indonesia pusaka- Ismail Marzuki  (sumpah tinggi banget nada dasarnya waktu itu, tapi puji Tuhan nyampe, ga falset!)

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

Menang! Yak, seneng banget waktu itu.. sayang pialanya diminta sekolahan.. hmmmm.. abis itu muncul tawaran-tawaran nyanyi di berbagai tempat, karena waktu itu juga banyak dari EO yang nonton.. yaakkk.. hingga pada akhirnya saya menjadi seorang wedding singer.. gila ya, jaman SMP udah kerja.. hahahaha! Tapi itu semua buat nyari pengalaman aja sih. Ga dibuat serius.. lagian waktu itu uang saku masih sangat cukup kok.. hahaha.. pas nyanyi di kawinan sering ga dibayar, gara-gara dikira Cuma anak kecil yang nyumbang lagu.. doooohhhh! Hahahaha.. bayaran pertama : DUA PULUH LIMA RIBU RUPIAH,, nyanyi 2 jam padahal.. hahahah tak apalah… sejak itulah saya dikenal sebagai anak kecil yang bisa nyanyi hehehehehe..

Di bidang worship n fellowship juga mengalami kenaikan.. hehhehehe.. sering nyumbang nyanyi di gereja.. gereja tetangga juga.. hehehe J Waktu itu pernah nyanyi di acara ultah paroki Batang.. ada Bupati Batang juga.. nyanyi ngwakilin gereja katolik Stasi Limpung (gerejanya Bapak).. nyanyinya Pelangi di Matamu.. DIDANGDUTIN! Yak.. kepaksa nge-geol di depan Bupati.. dan……………………. Bapak Bupati Batang Bambang Bintoro malah terkesima! Puji Tuhan,, dan gak nyangka nya lagi, pak Bupati berkenan ngasih sumbangan Rp. 5 juta buat gerejanya Bapak.. heheheh ampe nangis aku gara-gara ga nyangka bakal dikasih apresiasi segitu besar ama Bapak Bupati J waktu itu nyanyinya sama ajeng.. hehehehe.. sama mudika Gereja Katolik gembala yang Baik Limpung juga .. (ada mantanku loohhh :p)

Nah! Jaman SMA.. kusebut ini sebagai masa BAND! Hehehehe.. karena disamping ikut sebagai tim tetap paduan Suara di SMA Negeri 1 Batang, aku juga punya band.. pas di padus, sering banget ngisi pas ada acara di Pendopo kabupaten.. ampe tengah malem‚Ķ huaaaaa‚Ķ pernah juga ikut lomba di Purwokerto juga, tapi kalah gara2 iringannya error.. lagunya semi-dangdut pula.. aneh! Hahahaha.. pernah juga disaring jadi grup akapela dan menang juara II POPDA AKAPELA se-kabupaten batang .. nyanyinya Terpesona-Glenn fredly.. hehehehehūüėÄ pernah juga jadi juara harapan II menyanyi di Askarlo Cup se-karesidenan pekalongan..

Pas di SMA, punya band tetap nih.. Namanya Red Tometoes , terus diganti jadi metal Kartun..  personilnya ada aku, ajeng n dila di vokal.. gilang di guitar, babe di drum, fajar di bass.. pernah jadi juara 1 festival band Djarum se-kabupaten batang.. J prestasi terbesar yang pernah diraih ya dua kali berturut-turut jadi 20 besar band terbaik di Indomie Jingle Dare se Jateng-DIY.. heheheheh bikin lagunya lamaaaaa.. tapi bagus.. walopun tuh jingle Cuma semenit.. rekamannya malem-malem.. haduuuhhhhh.. ampe masuk angin gara-gara take vokal jam 2 malem.. bayangin! Huaw.. tapi puji Tuhan hasilnya maksimal.. bisa manggung di Jogja n Solo adalah suatu kebanggan buat kami waktu itu! (cc: makasih pak Bambang Indriyanto, guru sejarah SMA 1 batang sekaligus pembimbing band kami )

Jingle nya gini nihhh:

dari sabang sampe merauke, dari timor sampai ke talaud..
indonesia…tanah airku,.. indomie.. seleraku

dari desa sampai ke kota
dari gurun sampai pegunungan
indonesia tanah airku..indomie seleraku…

indomie..indomie..seleraku
indomie dari dan bagi…
indonesia….

Daaaaaan sekarang udah kuliah.. masih semi-aktif di paduan suara mahasiswa UGM sebagai peenyanyi Bass.. nyanyi non formal palingan di level-level biasa aja.. pernah 3x ditawarin part-time nyanyi di kafe,, tapi sementara ditolak dulu.. pengan fokus kuliah hehehehe J pas tahun 2010 kemarin iseng nyoba ikut audisi Indonesian idol.. namun ya Cuma sampe 30 besar UGM.. hehehehe.. tak apalah.. tahun depan dicoba lagi.. hehehehe

PSM UGM 39
saya dan PSM UGM di konser perdana Paduan Suara Mahasiswa UGM angkatan 39

Ahhh udahan dulu ahhh.. pegel juga nih tangan,. Disambung lain kali yaaa! pokoknya apapun hobi kalian, tekuni dan kembangkan hobi itu! Maka tak menutup kemungkinan buat jadi prestasi ato penghasilan!

Salam damai!!!

Kategori:Uncategorized
  1. harry
    Desember 22, 2011 pukul 11:24 am

    NI ANAK MANA YAH…???

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: